Monday, July 9, 2012

PENGEMBANGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR


PENGEMBANGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDDIDIKAN AGAMA ISLAM

Oleh: SONIN

ABSTRAK
 Minat pada seseorang akan muncul karena ada rasa tertarik pada bidang tertentu yang didukung oleh rasa senang dalam bidang yang ditekuninya dan tergantung pada bakat serta lingkungan. Hal tersebut bisa saja muncul karena ada kebutuhan dan kesungguhan mendasar yang disebut motivasi. Minat dan motivasi perlu dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Di sekolah guru harus memfasilitasi peserta didik agar mencapai tujuan yang diharapkan. Guru sekarang dan yang akan datang adalah guru yang inovatif, kreatif, efektif, dan mampu membaca kekinian untuk diaplikasikan dalam pembelajarannya. Guru profesional dalam koridor Pendidikan Agama Islam merupakan sosok guru yang menerapkan pengatahuannya dalam pembelajaran berbasis kultural.

Key Word: motivasi,minat,belajar, peserta didik, implementasi 

A.      PENDAHULUAN
1.   Latar Belakang Masalah
             Perkembangan peserta didik merupakan proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna pada suatu individu dan bersifat kualitatif. Perkembangan merupakan proses yang berjalan sejajar dengan pertumbuhan dan sulit untuk dipisahkan. Faktor-faktor uang mempengaruhinya yaitu faktor internal dan faktor eksternal (lingkungan).
             Faktor lingkungan bisa saja berarti didapatkan dari dalam rumah dan sekolah melalui interaksi sosial. Hubungannya dengan pendidikan, sekolah merupakan pusat pengembangan peserta didik, guru dan lainnya, artinya sekolah berfungsi sebagai tempat pemberdayaan masyarakat dan sekolah juga harus dapat melakukan pengembangan dan perubahan transformasional kurikulum diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar dan mengajar.
             Disisi lain Anak usia sekolah tentunya perlu untuk belajar, entah mengulang kembali pelajaran yang sudah diberikan di sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah (PR)  ataupun mempelajari hal-hal lain di luar pelajaran sekolah.  Pentingnya belajar tanpa harus dibicarakan panjang lebar pasti sudah disadari oleh seluruh orangtua.
             Keluhan yang datang dari orangtua pada umunya lebih banyak menyangkut anaknya terlalu banyak bermain daripada orangtua yang anaknya terlalu banyak belajar. Bahkan kalau anak sangat rajin belajar, pastilah orangtua memamerkannya ke orang-orang dengan nada bangga, “Iya loh Bu Retno, anak saya itu belajarnya rajin sekali. Pulang sekolah belajar, bangun tidur siang belajar, terus malam kalau bapaknya sudah pulang ya belajar lagi. Makanya anak saya itu pintar sekali, apa-apa tahu. Kadang-kadang malah saya yang nggak tahu”. 
             

Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: PENGEMBANGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin Saputra
Semoga informasi PENGEMBANGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini

1 comments:

  1. Inilah materi yang saya butuhkan .. makasih ya gan ..

    ReplyDelete