INTELEGENSI
Oleh: Sonin
A. Pendahuluan
Dalam dunia pendidikan dan pengajaran
masalah intelegensi merupakan salah satu masalah pokok, karena tidak mengherankan kalau masalah tersebut banyak dikupas orang, baik secara khusus
maupun secara sambil lalu dalam pertautan dengan pengupasan yang lain. Tentang
peranan intelegensi itu dalam proses pendidikan ada yang menganggap demikian
pentingnya sehingga dipandang menentukan
dalam hal berhasil dan tidaknya seseorang dalam hal belajar, sedang pada
sisi lain ada juga yang menganggap bahwa intelegensi tidak lebih mempengaruhi soal tersebut.
Tetapi pada umumnya orang berpendapat, bahwa intelegensi merupakan salah satu faktor
penting yang ikut menentukan berhasil atau gagalnya belajar seseorang,
lebih-lebih pada waktu anak masih muda.
Tes intelegensi dianggap sebagai sesuatu yang serba dapat menentukan ,sebagai
suatu yang “allmighty’’. Tes
intelegensi dapat dipakai sebagai dasar yang kuat dalam menentukan berbagai hal
mengenai kemampuan manusia, terlebih lagi dalam lapangan pendidikan penggunaan tes intelegensi itu lebih luas lagi.(suryabrata
.2002, 136).
B. Pembahasan
- Definisi Intelegensi
Bila kita
perhatikan tentang intelegensi, terdapat banyak
pengertian mengenai intelegensi yang dapat kita temui dalam berbagai
kepustakaan. Beberapa ahli mengemukakan
pendapat yang berbeda tentang intelegensi (Slameto, 1995:129).
Menurut pendapat Burt; Burt berbicara tentang
“the inborn mental capacity”
(kesanggupan mental yang di bawa sejak lahir) yang harus diketahui guru melalui
tes-tes intelegensi (1956). Yang perlu
diketahui oleh guru adalah apakah yang bisa dicapai oleh sianak, bukan apa yang
telah dicapainya. Ia membedakan antara istilah “ability” (kemampuan) dan “attainment”
(pencapaian). Ia mencoba memberi definisi tentang intelegensi yang disebutnya
“definisi nominal”. Yang dimaksudnya adalah “innate
general cognitive efficiency” (kemampuan kognitif umum sejak sejak lahir).
Menurut Piaget (1974) dan Case dan Collinson (1962);
intelegensi adalah pencapaian atau
memperoleh suatu pengertian (konsep) dipandang sebagai pengelompokan penjelasan
kelakuan, umur anak merupakan factor yang besar dalam perkembangan intelegensi
anak (1974). Kemajuan anak dicapai melalui masa kognitif dalam perkembangannya
ditandai oleh perubahan-perubahan progresif dalam proses anak menyesuaikan diri
pada lingkungannya. Pendapat Piaget didukung oleh Case dan Collinson yang dalam
penyelidikannya sampai pada kesimpulan bahwa makin bertambah umur anak makin
tampak jelas kecenderungan dalam kematangan proses berfikir. Dapat dikatakan
bahwa umur mentalnya makin meningkat.
Menurut data-data
piaget anak mengalami masa-masa sebagai berikut:
1.Masa intelegensi sensor motor (sejak lahir sampai 1,5 thn s/d 5
thn)
2.Masa berfikir prekonsepsi (dari 1,5 - 2 thn s/d 4thn)
3.Masa berfikir intuitif (4thn s/d 7-8 thn)
4.Masa berfikir operatif kongkrit (7-8 thn s/d 11-12 thn)
5.Masa berfikir oferatif formal ( 11-12 thn s/d 15-16 thn)
Menurut pendapat Hunt intelegensi adalah sebagai kesanggupan menelaah masalah didasarkan pada organisasi hierarchic dari pada penyajian lambang dan strategi proses informasi,sebagian besar dijabarkan dari pengalaman yang lalu. Mau Lengkap Makalah Silahkan Klik Link Berikut.
Menurut pendapat Hunt intelegensi adalah sebagai kesanggupan menelaah masalah didasarkan pada organisasi hierarchic dari pada penyajian lambang dan strategi proses informasi,sebagian besar dijabarkan dari pengalaman yang lalu. Mau Lengkap Makalah Silahkan Klik Link Berikut.
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: Makalah Psikologi Belajar: INTELEGENSI
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin
Semoga informasi Makalah Psikologi Belajar: INTELEGENSI bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini
Judul: Makalah Psikologi Belajar: INTELEGENSI
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin
Semoga informasi Makalah Psikologi Belajar: INTELEGENSI bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini
0 komentar:
Post a Comment