Monday, June 4, 2012

Makalah Psikologi Belajar: INTELEGENSI


INTELEGENSI
Oleh: Sonin

A. Pendahuluan

         Dalam dunia pendidikan dan pengajaran  masalah intelegensi merupakan salah satu masalah pokok, karena tidak mengherankan kalau masalah tersebut  banyak dikupas orang, baik secara khusus maupun secara sambil lalu dalam pertautan dengan pengupasan yang lain. Tentang peranan intelegensi itu dalam proses pendidikan ada yang menganggap demikian pentingnya sehingga dipandang menentukan  dalam hal berhasil dan tidaknya seseorang dalam hal belajar, sedang pada sisi lain ada juga yang menganggap bahwa intelegensi  tidak lebih mempengaruhi soal tersebut. Tetapi pada umumnya orang berpendapat, bahwa intelegensi merupakan salah satu faktor penting yang ikut menentukan berhasil atau gagalnya belajar seseorang, lebih-lebih  pada waktu anak masih muda. Tes intelegensi dianggap sebagai sesuatu yang serba dapat menentukan ,sebagai suatu yang “allmighty’’. Tes intelegensi dapat dipakai sebagai dasar yang kuat dalam menentukan berbagai hal mengenai kemampuan manusia, terlebih lagi dalam lapangan pendidikan  penggunaan tes intelegensi itu lebih luas lagi.(suryabrata .2002, 136).




                                                   
B.  Pembahasan

  1. Definisi Intelegensi
 Bila kita perhatikan tentang intelegensi, terdapat banyak  pengertian mengenai intelegensi yang dapat kita temui dalam berbagai kepustakaan. Beberapa ahli  mengemukakan pendapat yang berbeda tentang intelegensi (Slameto, 1995:129).
         Menurut pendapat Burt; Burt berbicara tentang “the inborn mental capacity” (kesanggupan mental yang di bawa sejak lahir) yang harus diketahui guru melalui tes-tes intelegensi (1956).  Yang perlu diketahui oleh guru adalah apakah yang bisa dicapai oleh sianak, bukan apa yang telah dicapainya. Ia membedakan antara istilah “ability” (kemampuan) dan “attainment” (pencapaian). Ia mencoba memberi definisi tentang intelegensi yang disebutnya “definisi nominal”. Yang dimaksudnya adalah “innate general cognitive efficiency” (kemampuan kognitif umum sejak sejak lahir).
          Menurut  Piaget (1974) dan Case dan Collinson (1962); intelegensi adalah   pencapaian atau memperoleh suatu pengertian (konsep) dipandang sebagai pengelompokan penjelasan kelakuan, umur anak merupakan factor yang besar dalam perkembangan intelegensi anak (1974). Kemajuan anak dicapai melalui masa kognitif dalam perkembangannya ditandai oleh perubahan-perubahan progresif dalam proses anak menyesuaikan diri pada lingkungannya. Pendapat Piaget didukung oleh Case dan Collinson yang dalam penyelidikannya sampai pada kesimpulan bahwa makin bertambah umur anak makin tampak jelas kecenderungan dalam kematangan proses berfikir. Dapat dikatakan bahwa umur mentalnya makin meningkat.

         Menurut data-data piaget anak mengalami masa-masa sebagai berikut:
1.Masa intelegensi sensor motor (sejak lahir sampai 1,5 thn s/d 5 thn)
2.Masa berfikir prekonsepsi (dari 1,5 - 2 thn s/d 4thn)
3.Masa berfikir intuitif (4thn s/d 7-8 thn)
4.Masa berfikir operatif kongkrit (7-8 thn s/d 11-12 thn)
5.Masa berfikir oferatif formal ( 11-12 thn s/d 15-16 thn)
         Menurut pendapat Hunt intelegensi adalah sebagai kesanggupan menelaah  masalah didasarkan pada organisasi hierarchic dari pada penyajian  lambang dan strategi proses informasi,sebagian besar dijabarkan dari pengalaman yang lalu.  Mau Lengkap Makalah Silahkan Klik Link Berikut. 
 

Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: Makalah Psikologi Belajar: INTELEGENSI
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin
Semoga informasi Makalah Psikologi Belajar: INTELEGENSI bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini

0 komentar: