Friday, December 28, 2012

PERANAN TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

DAMPAK ILMU PENGETAHUAN DAN TEHNOLOGI (IPTEK) DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA

Dampak yang di timbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan alam dan tehnologi ada yang positif ada juga yang negatif. Dampak yang positif antara lain:
  1. Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat di produksi berlipat ganda.
  2. Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar bila dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.
  3. Diterapkannya cara pemupukan yang tepat serta digunakan bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman dengan mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga hasilnya bertambah banyak.
  4. Digunakannya bioteknologi (misalnya hormon tumbuhan), untuk merangsang tumbuhnya daun, bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak.
      Dampak negatifnya antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman, tetapi dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen, dan bahkan dapat meracuni manusia sendiri. [1]

DAMPAK ILMU ALAMIA DAN TEHNOLOGI  SEHUBUNG DENGAN KEBUTUHAN POKOK
  1. Sandang
Ilmu alamiah dan tehnologi telah banyak sumbangannya dalam bidang sandang. Baik pada abad yang lalu maupun masa kini ilmu alamiah dan tehnologi telah menolong manusia dalam pengadaan sandang berupa mesin tekstil. Maka pada abad sekarang ini ilmu alamiah dan tehnologi telah mampu menyumbangkan kepada manusia serat-serat sintesis baik yang terbuat dari pokok-pokok kayu yang diproses secara kimiawi menjadi benang (rayon) maupun dari bahan galian misalnya hasil samping sulingan batu bara dan minyak-bumi menjadi serat-serat sintesis seperti polyester, polipropilen, polietilin, dan sebagainya.[2]
 2. Papan
          Sampai abad ini manusia akan berusaha memanfaatkan lautan dan antariksa sebesar-besarnya melalui pulau-pulau buatan disertai peternakan dan perkebunan laut. Bahkan menurut MT. Zen, orang telah dapat hidup berbulan-bulan di bawah air laut dan dapat menjelajahi lautan di bawah kutub utara.[3]


DAMPAK TERHADAP PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA ALAM

       Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan tehnologi dapat dimanfaatkanuntuk menaikan kuantitas suatu produk:
  1. Dalam bidang pertanian
Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan tehnologi, manusia mampu menentukan jenis tanah, unsur-unsur yang diperlukan tanaman sehingga dapat memberikan pupuk yang paling tepat. Dengan tehnologi modern, orang dapat mengetahui syarat tumbuhnya suatu tanaman.
2.      Dalam bidang industri
            Kita ambil contoh industri pengolahan minyak kelapa sawit. Penggunaan tehnologi yang maju untuk pengolahan minyak kelapa sawit, temperatur dan tekanannya dapat meningkatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara tradisional.[4]

DAMPAK ILMU ALAMIAH DAN TEHNOLOGI TERHADAP INDUSTRI
        
          Dari komponen hasil, dampak ilmu alamiah dan tehnologi pada umumnya adalah positif, meskipun kadang-kadang tampak dampak sosial yang negatif juga. Di negara-negara yang sedang berkembang seperti di Indonesia dalam hal ini telah memiliki peraturan semacam itu juga.
          Oleh karena itu kita mengharapkan pembuangan limbah industri yang tampaknya makin meningkat pada masa pembangunan saat ini tidak akan membawa pengaruh negatif.[5]    

DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA ALAM

a.  Minyak Bumi
            Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang paling utama dalam memenuhi kebutuhan energi dunia. Namun, kita juga sadar bahwa sadar bahwa minyak bumi merupakan sumber daya alam  yang tak dapat diperbaharui. Minyak bumi berasal dari fosil yang terbentuk secara alami dalam proses jutaan tahun lamanya.
b.  Batu Bara
            Penambangan batu bara juga dapat membahayakan manusia karena gas oksigen dalam tambang itu sangat terbatas, sebaliknya gas-gas bumi yang menyesakkan  napas justru berlimpah. Pengangkutan batu bara dari satu tempat lain juga mengganggu lingkungan akibat adanya tumpahan batu bara yang dapat mencari lingkungan. Namun, adanya kemajuan teknologi, menyebabkan bahan tersebut dapat di daur ulang.
c.   Air
            Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali. Namun pembersihan itu tidak selalu dapat sempurna sehingga lambat laun, air bersih ini semakin lama semakin menurun jumlah dan kualitasnya.
d.  Hutan, Hewan, dan Ternak
           Sumber daya alam yang dapat di perbaharui adalah hutan, hewan, dan ternak. Akan tetapi tetap harus memperhatikan batas toleransinya. Bila batas tersebut diterjang, semua itu tidak lagi dapat diperbaharui. Sayangnya, tehnologi modern justru mengakibatkan sumber daya tersebut menjadi tidak lagi dapat dipernaharui.

e.   Tanah
              Tanah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, namun jika tidak hari-hari dalam pemakaiannya, tanah akan menjadi rusak.[6]

DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENINGKATAN TERHADAP KESEHATAN

         Dengan makin berkembangnya ilmu kedokteran dan fasilitas peralatan yang makin maju maka dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.
Pelayanan baru hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi misalnya:
  1. Pencangkokan jantung.
  2. Pencucian darah.
  3. Penggantian kornea mata.
  4. Pemasangan alat pacu jantung.
  5. Penggunaan alat elektronik bagi penderita gangguan pendengaran.
  6. Pelayanan dengan bayi tabung bagi seorang ibu yang menderita. gangguan  pada organ tubuhnya sehingga sulit mendapatkan anak.
·         Pelayanan kontrasepsi dan masih banyak untuk disebutkan.[7]

DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA

a.  Dampak Positif
  • Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tehnologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara efektif dan efisien.
  • Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan tehnologi dapat menaikkan kualitas sumber daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia). 
b.  Dampak Negatif
  • Semakin meningkatnya pengangguran karena pekerjaan yang semula yang di kerjakan manusia, setelah ditemukannya alt tehnologi modern diganti oleh mesin.
  • Timbulnya pencemaran yang disebabkan zat-zat radio aktif yang sangat beracun, baik pada tanah, air, dan udara. Hal ini jelas mengancam kelangsungan hidup manusia.
  • Karena tehnologi mengancam hidup manusia, tanpa disadari lambat laun dapat mematikan imajinasi dan perasaan serta kejiwaan manusia.[8]

MANFAAT TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

              Di bidang energi, manusia telah dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan sinar matahari untuk membangkitkan tenaga listrik secara langsung, dan masih banyak lagi contoh yang lain:
ü  Dengan telah dikemukakan alat komunikasi telepon orang dapat mudah berkomunikasi dengan orang lain walaupun jaraknya jauh.
ü  Adanya alat-alat transportasi yang lebih canggih, maka orang akan lebih cepat dan lebih aman dalam perjalanan jarak jauh, juga orang telah dapat menjelajahi antariksa.
ü  Dengan menggunakan komputer, orang akan dapat  mengerjakan, mengoreksi suatu pekerjaan secara cepat dan tepat.[9]

KESIMPULAN
Dari data yang saya baca dapat di simpulkan bahwa peranan ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK) dalam kehidupan manusia ada banyak dampak yang di timbulkan oleh peranan ilmu pengetahuan dan tehnologi dan ada juga dampak positif dan ada juga dampak negatifnya.

Catatan Kaki

[1] Mawardi, Nur Hidayati, IAD-ISD-IBD (,Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007) hlm 115
[2] Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar, (Jakarta: Rajawali Pers, 1992) hlm 199
[3] Abu Ahmadi,  A. Supatmo, Ilmu Alamiah Dasar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991) hlm 117
[4] Mawardi, Nur Hidayati, IAD-ISD-IBD (,Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007) hlm 117
[5] Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar, (Jakarta: Rajawali Pers, 1992) hlm 208
[6] Mawardi, Nur Hidayati, IAD-ISD-IBD (,Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007) hlm 118-119
[7] Abdullah Aly, Eny Rahma, ilmu Alamiah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 1996) hlm 143-144
[8] Mawardi, Nur Hidayati, IAD-ISD-IBD (,Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007) hlm 119-120
[9] Abu Ahmadi, A. Supatmo, Ilmu Alamiah Dasar, (Jakarta: Renika Cipta, 1991) hlm 111

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Aly, Eny Rahma, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara,1996

Abu Ahmadi, A. Supatmo, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rineka Cipta, 1991

Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali Pers, 1992

Mawardi , Nur Hidayati, IAD,ISD,IBD, Bandung: Pustaka  Setia, 2
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: PERANAN TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin
Semoga informasi PERANAN TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini

0 komentar: