Thursday, May 31, 2012

MAKALAH: Konsep Belajar dalam Perspektif Psikologi Belajar


 BELAJAR

A. Pendahuluan

            Setiap manusia di mana saja berada tentu melakukan kegiatan belajar. Seorang siswa yang ingin mencapai cita-cita tentu harus belajar dengan giat. Bukan hanya di sekolah saja, tetapi juga harus belajar di rumah, dalam masyarakat, maupun di lembaga-lembaga pendidikan ekstra di luar sekolah.
            Untuk dapat mencapai cita-cita tidak bisa dengan  bermalas-malas,  tetapi harus rajin, gigih dan tekun belajar. Belajar adalah syarat mutlak untuk menjadi pandai dalam segala hal, baik dalam bidang  ilmu  pengetahuan maupun keterampilan atau kecakapan.  
            Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh murid sebagai  peserta didik.(Abu Ahmadi, 2004:125)
            Belajar adalah kegiatan yang berproses dan  merupakan unsur yang sangat fundamental dalam  setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan  pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri. (Muhibbin Syah, 2003: 89).
            Hal ini menunjukkan betapa pentingnya belajar bagi kehidupan seorang manusia. Manusia selalu dan senantiasa belajar bilamanapun dan  dimanapun ia berada dan  akan berlangsung seumur hidup, selagi hayat  di kandung badan.
            Untuk itu maka belajar harus dilakukan setiap orang secara maksimal agar dapat menguasai dan memperoleh sesuatu. Karena itu perlu diketahui seluk-beluk belajar, terutama faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi berhasil tidaknya belajar seseorang.


B.  Pembahasan

1. Definisi Belajar

            Kalau kita bertanya kepada kepada seseorang tentang apakah belajar itu, akan diperoleh jawaban yang bermacam-macam. Perbedaan pendapat orang tentang arti belajar itu disebabkan karena adanya kenyataan, bahwa perbuatan belajar itu sendiri bermacam-macam.
            Banyak jenis kegiatan yang oleh kebanyakan orang dapat disepakati sebagai perbuatan  belajar misalnya menirukan ucapan kalimat, menghafalkan lagu, menghitung dan mengerjakan soal-soal matematika, dan sebagainya. Tidak semua kegiatan  dapat  tergolong sebagai kegiatan belajar misalnya melamun, marah, menjiplak, dan menikmati hiburan.
            Dengan kenyataan di atas, terdapatlah banyak definisi belajar. Berikut ini  dikemukakan beberapa definisi menurut para ahli.
            Menurut Witherington, dalam buku Educational Psychology  mengemukakan bahwa belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi  yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian.(Dalyono, 2005: 211). Untuk Lengkapnya Bisa Anda DownLoad Gratis

Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: MAKALAH: Konsep Belajar dalam Perspektif Psikologi Belajar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin
Semoga informasi MAKALAH: Konsep Belajar dalam Perspektif Psikologi Belajar bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini

0 komentar: