Monday, May 28, 2012

SUMBER FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM


SUMBER FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Oleh: Sonin
A.    Pendahuluan

Setiap orang memiliki filsafat walaupun ia mungkin tidak sadar akan hal tersebut. Kita semua mempunyai ide-ide tentang benda-benda, tentang sejarah, arti kehidupan, mati, Tuhan, benar atau salah, keindahan atau kejelekan dan sebagainya. Akan tetapi setiap filsafat memiliki corak tersendiri, corak yang mewarnai kefilsafatan berawal dari sumber apa yang mensifati filsafat tersebut, demikian juga Filsafat Pendidikan Islam.
Kajian mengenai Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam pada khususnya, adalah salah satu bagian dari ilmu filsafat, maka dalam mempelajari filsafat ini perlu memahami lebih dahulu tentang pengertian filfata terutama dalam hubungannya dengan dengan masalah pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Secara harfiyah, fisafat berarti ”Cinta kepada ilmu”. Filsafat berasal dari kata: ”Philo” artinya cinta sedangkan ”Sophos” = ilmu / hikmah. Secara historis, filsafat menjadi INDUK segala ilmu pengetahuan yang berkembang sejak zaman Yunani Kuno sampai zaman  modern sekarang  (M. Arifin, 2000: 1).
Sedangkan al-Syaibani mengatakan bahwa filsafat bukanlah hikmah itu sendiri, melainkan cinta terhadapnya untuk mendapatkan suatu sandaran hikmah dan berusaha mendapatkannya, memusatkan perhatian padanya dan menciptakan sikap positif terhadapnya. Hal ini sebagaimana disandarkan dari Al Qur’an dan dari kebudayaan Islam dan Arab. Seperti dalam firman Allah yang artinya: Barang siapa diberi hikmah, maka ia telah diberi kebaikan yang banyak (Q.S. Al Baqarah: 269).
Dengan demikian jelaslah bahwa filsafat pendidikan itu adalah filsafat yang memikirkan tentang masalah kependidikan dan kaitannya dengan filsafat pendidikan Islam para ahli filsafat pendidikan pada umumnya seperti yang telah disebutkan di atas, perlu kita jadikan bahan acuan yang memberikan ruang lingkup pemikiran filsafat pendidikan Islam. Jadi semua ilmu pengetahuan yang ada relevansinya dengan filsafat pendidikan Islam kita ambil sebagai bahan pendalaman dan memperluas studi kita.
 MAU TAU LENGKAPNYA? DOWNLOAD ataua Download GRATIS
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: SUMBER FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin
Semoga informasi SUMBER FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini

0 komentar: