Wednesday, May 30, 2012

MAKALAH PSIKOLOGI BELAJAR: TEORI-TEORI BELAJAR

 TEORI-TEORI BELAJAR
Oleh : Sonin


A.   Pendahuluan

           Belajar merupakan jendela dunia. Dengan belajar orang bisa mengetahui banyak
      hal, oleh sebab itu Islam amat menekankan masalah belajar. Allah pun bertanya dalam  Al Qur’an: Apakah sama orang-orang yang berilmu (mengetahui) dengan orang-orang yang tidak berilmu (tidak mengetahui)?
                  Belajar merupakan key term (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan. Sebagai suatu proses, belajar hampir selalu mendapat tempat yang luas dalam berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan upaya kependidikan, misalnya psikologi belajar. Sedemikian penting arti belajar, bagian terbesar riset dan eksperimen psikologi belajarpun diarahkan pada tercapainya pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai proses perubahan manusia. (Tohirin, 2005, hal: 51).
                    Manusia juga belajar dari pengalaman praktis serta trial and error dalam menghadapi berbagai masalah hidup yang berbeda-beda serta dalam usaha memecahkan dan mengatasi masalah tersebut. Manusia selalu menghadapi dalam hidupnya kondisi-kondisi baru yang tidak ia ketahui sebelumnya bagaimana merespon atau menghindarinya. Manusia selalu menyesuaikan  diri dengan berbagai kondisi baru dengan berusaha merespon dengan berbagai cara. (Muhammad Utsman Najati, 2007, hal: 191)
                    Dengan demikian setiap individu harus berusaha untuk belajar dalam rangka peningkatan atau pengembangan pengetahuannya melalui pengalaman-pengalaman yang terjadi dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan pengalaman-pengalaman yang ada ia akan dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya bahkan akan dapat membawa pengaruh kepada lingkungannya.            
                Dengan belajar seseorang akan dapat membawa dirinya lebih dewasa dalam menghadapi kehidupan yang membutuhkan pengetahuan-pengetahuan khusus. Karena demikian, manusia satu dengan yang lainnya saling membutuhkan, sehingga membutuhkan interaksi atau hubungan yang baik dengan orang lain.

B.   Teori – Teori Belajar

1.      Pengertian Teori Belajar
                 Belajar dan mengajar adalah dua kegiatan yang tunggal tapi memiliki makna yang berbeda. Belajar diartikan sebagai suatu perubahan tingkah laku karena hasil pengalaman yang diperoleh. Sedangkan mengajar adalah menkondisikan, merangsang dan mengarahkan siswa untuk memperoleh pengalaman tersebut.
                 Sedangkan teori dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan adalah pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai  suatu peristiwa (Depdikbud, 1989,hal: 932).          Sedangkan belajar (learning), seringkali didefinisikan sebagai perubahan yang secara relatif berlangsung lama pada masa berikutnya yang diperoleh kemudian dari pengalaman-pengalaman (Abdul Rahman, 2004, hal:207).

MAU TAU LENGKAPNYA? DOWNLOAD GRATIS
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: MAKALAH PSIKOLOGI BELAJAR: TEORI-TEORI BELAJAR
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin Saputra
Semoga informasi MAKALAH PSIKOLOGI BELAJAR: TEORI-TEORI BELAJAR bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini

0 comments:

Post a Comment