Monday, May 28, 2012

MAKALAH: TEORI-TEORI SOSIOLOGI TENTANG PRIBADI DALAM MASYARAKAT.

 

Oleh: Sonin
http://karyasonin.blogspot.com


BAB  I. PENDAHULUAN
A.   Pengantar
Sejak lahir manusia hidup dalam suatu lingkungan tertentu yang menjadi wadah  bagi kehidupannya. Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekeliling manusia baik material maupun immaterial., juga yang hidup maupun tidak hidup.Manusia dan lingkungan saling berinteraksi, melakukan hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi – membentuk suatu sistem yang disebut EKOSISTEM.
Pada dasarnya manusia merupakan bagian yang intergral dari suatu ekosistem tertentu, yang mencakup subsistem sosial dan subsistem biofisik. Kedua subsistem tersebut saling mempengaruhi dengan perantaraan energi, materi maupun informasi. Selain itu suatu ekosistem tertentu juga akan dipengaruhi ekosistem lain, yang pada akhirnya akan mempengaruhi ekosistem lainnya. Proses saling mempengaruhi itu berlangsung berkesinambungan kecuali ada gangguan tertentu. Visualisasinya adalah sebagai beikut :

          EKOSISTEM  A           EKOSISTEM B           EKOSISTEM C

                                      Subsistem    Energi               Subsistem                
                                      Sosial                    Materi                          Biofisik
                                                          Informasi

          Kerusakan pada suatu ekosistem tertentu, mungkin akan membahayakan kelestarian, kelangsungan dan kesejahteraan ekosistem yang bersangkutan. Suatu keadaan atau pengaruh yang mengganggu syarat-syarat kehidupan dan sinkronisasinya akan mengakibatkan kerusakan pada kelestarian ekosistem yang bersangkutan. Kelangsungan ekosistem tersebut akan terganggu pula bila terjadi perpecahan, sehingga ekosistem tersebut tidak berfungsi lagi secara penuh. Dengan demikian dapatlah dikatakan kualitas lingkungan dan kualitas manusia yang hidup dan menempati lingkungan tersebut memiliki hubungan saling mempengaruhi secara erat.  Kualitas kehidupan manusia senantiasa tergantung pada tingkat kebebasan  untuk mengadakan terhadap pemulihan terhadap cara-cara untuk memenuhi kebutuhan dasar yang terdiri dari :
1.      Sandang, pangan, dan papan
2.      Perlindungan akan keselamatan jiwa dan harta benda
3.      Harga diri
4.      Kesempatan untuk mengembangkan potensi
5.      Kasih sayang
       MAU LEBIH LENGKAP KLIK DAN DOWNLOAD GRATIS
Terimakasih Anda telah membaca tentang
Judul: MAKALAH: TEORI-TEORI SOSIOLOGI TENTANG PRIBADI DALAM MASYARAKAT.
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sonin
Semoga informasi MAKALAH: TEORI-TEORI SOSIOLOGI TENTANG PRIBADI DALAM MASYARAKAT. bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ingin mengkopi paste artikel ini jangan lupa sertakan alamat blog kami karyasonin.blogspot.com atau jika ingin terhubung dengan facebook anda klik suka pada link facebook dibawah ini

0 komentar: